Jumat, 11 Desember 2009

Tip Memelihara Kelinci

TIP MEMELIHARA KELINCI

temen temen aku kan udah lama banget nih melihara kelinci.. nah aku mau bagi2 tips nih..
1.kelinci WAJIB diberi makan setiap hari.. soalnya kalo nggak kelaperan..paling2 2-3 kali sehari anda dapat melihatnya di Jual Kelinci & Kelinci Murah
2.kandng kelinci jangan terlalu kecil dan harus tetap kering.karena kalo basah kelinci mudah sakit. Cthny lihat di Jual Kelinci & Kelinci Murah.
3.makanan kelinci ku sih biasanya di kasih sayur2 segar aja.. kaya wortel,kangkung,sawi,bayem,dll. Tapi, hati2 ya kalo ngasih kangkung..soalnya tergantung kelincinya lemah atau kuat..kalo lemah pasti diare kalo kuat yaaa kasih ajaaa..
oh iya kalau di kasih pelet juga boleh tapi,jangan selamanya juga yaaa nanti kelinci bosen, jenis kelinci bisa anda lihat di Jual Kelinci Murah & Tempat Jual Kelinci..
4. Kelinci boleh2 aja di pegang. tapi jangan sampai menyakiti organ tubuhnya yaaa..nanti kalau dia sakit repot deh..
5.agar Kelinci akrab sering2 ya di helus2.. biar dia ngerasa nyaman
6.kalau kandang kamu dari kawat berhati2lah. soalnya kadang2 kaki kelinci jatuh dan masuk ke lubang. jadi kasih aja alas kaya koran atau karton tebal, coba deh anda lihat di Jual Kelinci Murah & Tempat Jual Kelinci.
7. kasih minum. heii kelinci juga makhluk hidup . so, kasih minum yaaa.
selamat memelihara kelinci

Kelinci bahagia dan sehat adalah idaman dari kita semua sebagai pecinta binatang.

Sekitar setengah dari client saya sengaja beli kelinci sebagai binatang piaraan. Setengahnya lagi mendapat kelinci melalui anaknya atau dari tetangga secara tidak sengaja. Orang-orang yang beruntung yang berniat untuk membeli kelinci memiliki kesempatan untuk memilih kelinci yang sehat. Tapi ini tergantung dari pencarian breeder yang bagus. Tanda-tanda breeder yang baik adalah:
Memiliki lingkungan yang bersih
Member di breeder and show associations
Memberi makanan kelinci yang berkualitas dan bermerek baik
Bangga akan tindakan mereka
Tanda-tanda tidak baik yang perlu yang perlu di lihat meliputi:
Banyak binatang di lingkungan yang kecil
Kelinci yang kotor
Harga discount yang murah
Banyak hewan-hewan di campur di tempat yang besar
Tempat sanitasi yang tidak memadai
Tidak ada stok binatang tua di tempat tersebut
Cara termudah untuk mencari breeder yang baik adalah dari mulut ke mulut. Tempat hewan-hewan ini seharusnya bebas dari kutu, ear mites (kutu telinga), parasit, pasteurellosis (penyakit infeksi yang di tandai dengan infeksi dalam darah) dan treponema (penyebab syphilis). Breedernya seharusnya memiliki hubungan yang erat dan baik dengan dokter hewan yang selalu merekomendasi mereka. Apabila anda berhasil mendapatkan breeder semacam itu, anda telah berada di jalan untuk mendapatkan pet yang sehat.

Sumber
Yang paling penting berikutnya adalah makanan yang layak untuk pet anda. Kelinci adalah "walking brewery" (semacam tempat fermentasi yang berjalan). Walking brewery pada kelinci dapat di artikan tempat fermentasi yang mengandalkan bakteri dalam usus untuk memproduksi nutrient yang di butuhkan oleh kelinci. Masalah utama kelinci yang di bawa ke saya biasanya melibatkan makanan yang tidak layak. Kelinci akan tumbuh sehat apabila di berikan makanan yang kasar dan kandungan tinggi cellulose (sel dinding tanaman) yang sulit di cerna.

Makanan
Kekurangan makanan yang layak adalah penyebab utama dari kekurangan gerakan dalam perut dan usus yang menyebabkan gangguan pencernaan akibat dari isi usus yang tidak bisa berjalan (ini biasa di katakan ileus dan stasis). Akibat dari kekurangan makanan yang layak yang lain adalah:
Pertumbuhan bakteri usus yang berlebihan
Hati yang membesar
Penyakit saluran kencing
Yang pasti, kelinci yang memiliki masalah ini akan tidak bahagia. Banyak pasien dari saya yang memberikan pelet kelinci yang salah. Pelet kelinci yang ini memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi. Makanan ini di buat untuk mempercepat pertumbuhan di industri daging dan bulu binatang. Disini, kelinci sering di perkembangbiakan dan umur tidak penting bagi mereka. Lima puluh persen dari makanan kelinci harus merupakan rumput kering yang kasar (timothy, oat grass, meadow grass, atau mulch grass). Di dalam usus, rumput kering dan serat pelet akan di fermentasi oleh bakteri ke dalam bentuk protein yang mudah di serap, asam lemak dan vitamin - terutama vitamin B dan K. Kelinci menyukai makanan seperti pelet, pizza crust, roti, dan makanan meja makan. Tapi makanan semacam ini akan menghasilkan penyakit pada saluran gastrointestinal yang akan berakibat fatal terhadap kelinci. Mesikipun tidak di butuhkan untuk kesehatan, tambahan kale (kailan), collard, parsley, dandelion (bunga kuning yang tumbuh di antara rumput), romaine, endives, chard, pea pod dan pepper akan membuat bahagia kelinci anda.

Habitat
Saya tidak pernah melihat kelinci hidup di tempat yang terlalu luas. Seringkali, kandang kecil yang dipakai waktu mereka masih kecil di gunakan terus hingga mereka dewasa. Kelinci butuh tempat dengan ukuran minimum 24 kaki persegi (1 kaki sekitar 30 cm) supaya mereka bisa beraktifitas dan "berolahraga". Saya suka menempatkan kelinci saya di kandang yang tanpa dasar yang terbuat dari kawat. Dengan menempatkan kelinci di kandang dengan dasar kawat, akan menyebabkan luka, abscess di bagian kaki (infeksi semacam tonjolan kecil), pertumbuhan kuku yang cacat, dan arthritis (sakit pada sendi tulang) pada kaki - masalah umum pada kelinci tua.


Ini adalah salah satu contoh kelinci sehat dan bahagia milik rianhandayani. Kelinci ini di beri nama Princess Charlotte.

Usahakan untuk membuat variasi pada lantai kandang. Satu bagian bisa memakai batu atau keramik yang di balikkan, tempat lain bisa menggunakan kertas koran atau cardboard (kotak dus yang sudah di lempengin), dan tempat yang lain bisa memakai kayu. Apapun dasar lantai yang anda pakai, pastikan tidak beracun karena kelinci akan mencoba memakan beberapa bagian tersebut. Apabila kelinci di lepaskan di dalam rumah, rumah anda harus di pastikan sebagai tempat yang aman bagi kelinci. Kabel elektronik, cat beracun, plastik adalah barang-barang yang memiliki potensial yang membahayakan mereka. Mainan sangat penting sekali untuk membuat senang kelinci anda. Anda bisa menambah kotak dus, mainan anjing dan kucing, dan beberapa tempat air minum.

Kontrol Penyakit dan Parasit
Kelinci sangat mudah di serang oleh kutu anjing dan kucing. Pada umumnya, obat kutu kucing untuk umur 9 minggu ke atas yang telah di setujui oleh FDA akan aman-aman saja di gunakan ke kelinci anda. Biasanya, saya hanya memakai satu atau dua tetes saja pada saat pertama menggunakan dan memperhatikan kelinci tersebut di hari itu. Advantage, produksi dari Bayer Corporation, aman di pakai pada kelinci dengan satu tetes per pound di bagian punggung. Apabila kelinci terlihat terganggu (tidak nyaman) akibat dari obat ini, ini di akibatkan oleh benzyl alcohol yang terkandung di dalamnya. Efek ini hanya sementara saja. Banyak kelinci memiliki ear mites yang di dapatkan dari orang tua mereka. Dengan menggunakan beberapa tetes baby oil pada telinga mereka biasanya sudah bisa membunuh mite tersebut. Pasteurellosis (semacam infeksi pada darah) atau snuffles adalah penyakit yang sulit di sembuhkan pada kelinci dan di peroleh dari pet shop maupun kelinci yang terinfeksi. Penyakit ini bisa di kontrol tapi biasanya tidak bisa di hilangkan secara menyeluruh dengan menggunakan antibiotik seperti enrofloxacin (batryl). Makanan yang baik akan mengurangi kemungkinan gangguan pada perut, usus, dan saluran kencing. Dasar lantai kandang yang layak akan menhindari arthritis. Kotoran kelinci juga seharusnya di cek oleh dokter hewan untuk mendeteksi adanya coccidiosis (semacam penyakit parasit).

Kebanyakan kelinci dewasa yang saya lihat adalah jantan. Ini di karenakan kelinci betina yang belom di hilangkan ovariumnya dan yang tidak di kembangbiakkan cenderung memperoleh kanker pada saluran reproduksi. Proses pembuangan ovarium ini biasanya di sebut spaying. Spaying bukannya proses yang lebih sulit dari spaying yang biasa di lakukan pada kucing mapun anjing apabila di lakukan oleh seorang dokter hewan yang sudah sering melakukannya dan apabila di lakukan sebelum kelinci tersebut melewati umur 6 bulan.

Kelinci adalah binatang yang gentle dan "selalu ingin cari tau". Apabila anda mengikuti petunjuk disini, anda dan pet anda akan menikmati kehidupan yang bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar